SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya resmi memperkenalkan identitas visual baru bertajuk Surabaya City of Heroes.
Peluncuran dilakukan oleh Wali Kota Eri Cahyadi dalam puncak peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-732, pada 31 Mei 2025.
Identitas baru ini menggantikan slogan lama Sparkling Surabaya yang selama ini digunakan untuk promosi pariwisata.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah, menyatakan bahwa perubahan ini dilakukan sebagai upaya menyelaraskan citra kota dengan perkembangan zaman.
“Surabaya City of Heroes adalah identitas visual terbaru Kota Surabaya yang dirancang untuk mewakili wajah, semangat, dan karakter kota ini hari ini dan ke depan,” kata Hidayat dikutip, Rabu (23/7/2025).
Logo baru menampilkan huruf “S” sebagai inisial kota, dengan elemen api yang melambangkan semangat, serta pusaran yang merepresentasikan gerak dan kebersamaan.
Menurut Hidayat, Kota Surabaya mengalami perubahan cepat, tidak hanya dari sisi infrastruktur, tetapi juga semangat warganya.
Karena itu, diperlukan identitas visual yang lebih adaptif, komunikatif, dan relevan dengan semangat zaman.
Identitas ini tidak menghapus simbol ikonik Suro dan Boyo.
Hidayat menegaskan, keduanya tetap menjadi representasi sejarah dan jati diri kota, sementara City of Heroes hadir sebagai pelengkap untuk konteks komunikasi publik yang lebih luas, terutama di media digital.
Logo dan slogan baru ini telah resmi tercatat sebagai karya cipta di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI pada 7 Juni 2025.
Perancangannya difasilitasi oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Surabaya, melalui seleksi terbuka yang melibatkan desainer profesional, akademisi, dan pemerintah.
Verifikasi hak cipta juga dilakukan melalui basis data nasional dan internasional.
“Proses pembuatannya difasilitasi oleh Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Surabaya dan dijalankan secara profesional,” ujarnya.
Logo Surabaya City of Heroes akan digunakan dalam berbagai materi komunikasi resmi Pemkot Surabaya, termasuk kegiatan publik, promosi kota, media sosial, hingga kampanye sosial budaya.