Pemkot Surabaya Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Respons Layanan Wargaku

- Jurnalis

Rabu, 23 Juli 2025 - 17:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya menggelar bimbingan teknis bagi operator layanan pengaduan Wargaku, Selasa (22/7/2025).

Kegiatan yang dilaksanakan di Graha Sawunggaling ini diikuti oleh operator dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga organisasi perangkat daerah (OPD).

Bimbingan teknis diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, dengan menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jatim, Triyoga Muhtar Habibi, mengatakan bahwa pelayanan publik harus memenuhi hak masyarakat atas informasi.

Ia mengingatkan bahwa setiap laporan warga harus ditindaklanjuti sesuai standar yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Undang-undang layanan publik itu diatur, jadi melapor adalah hak masyarakat terhadap pelayanan publik. Standar layanannya memberikan tanggapan, mendapatkan tanggapan, kemudian menyampaikan kepada pimpinan maupun pelaksana pada unit untuk memenuhi layanan,” kata Triyoga dikutip, Rabu (23/7/2025).

Baca Juga:  Surabaya Luncurkan Identitas Baru, Tinggalkan Slogan Sparkling

Ia menambahkan, operator layanan publik harus mampu membangun rasa percaya masyarakat dengan memberikan respons yang cepat, akurat, dan solutif.

Menurutnya, kualitas layanan berdampak langsung terhadap citra penyelenggara pemerintahan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur ITS Global Management sekaligus Dosen Fakultas Teknik Industri ITS, Prof Dr Maria Anityasari, menyampaikan pentingnya fokus dalam menangani laporan masyarakat.

Ia menyoroti penggunaan gawai pribadi saat bertugas yang dinilai dapat mengganggu konsentrasi dan menurunkan kinerja.

“Ketika daya ingat menurut, juga mempengaruhi kinerja kita sebagai frontliner. Misal ada laporan, mau klik laporan tersebut kemudian lupa, sehingga tidak tuntas dan akhirnya tidak fokus,” ujarnya.

Maria juga mendorong adanya sistem evaluasi berbasis kepuasan masyarakat, untuk mengukur efektivitas kinerja operator dan memberikan penghargaan bagi petugas yang dinilai responsif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel jatimtalk.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawardi Peringati Maulid Nabi, Kiai Subairi Tekankan Nilai Cinta
Bupati Pasuruan Serahkan Satyalancana Karya Satya di Hari Jadi ke-1096
Jatim Perkuat Benteng Kesehatan Hadapi Ancaman Penyakit Zoonosis
Sekda Kota Kediri Lepas Kontingen PMR ke Jumbara X Jatim
Dubes Selandia Baru Kunjungi Kadin Jatim, Bidik Kerja Sama Dagang
KPK Tekankan Pendidikan Antikorupsi Sejak PAUD, Jatim Siapkan Agen Perubahan
Pemkot Surabaya Pangkas Anggaran Seremonial, Fokus APBD 2026 untuk Warga
Surabaya Kerahkan Petugas Gabungan, Sungai Kalianak Mulai Dinormalisasi

Berita Terkait

Minggu, 21 September 2025 - 12:41 WIB

Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawardi Peringati Maulid Nabi, Kiai Subairi Tekankan Nilai Cinta

Kamis, 18 September 2025 - 13:15 WIB

Bupati Pasuruan Serahkan Satyalancana Karya Satya di Hari Jadi ke-1096

Selasa, 16 September 2025 - 21:05 WIB

Jatim Perkuat Benteng Kesehatan Hadapi Ancaman Penyakit Zoonosis

Selasa, 16 September 2025 - 11:05 WIB

Sekda Kota Kediri Lepas Kontingen PMR ke Jumbara X Jatim

Selasa, 16 September 2025 - 10:47 WIB

Dubes Selandia Baru Kunjungi Kadin Jatim, Bidik Kerja Sama Dagang

Berita Terbaru

Daerah

Sekda Kota Kediri Lepas Kontingen PMR ke Jumbara X Jatim

Selasa, 16 Sep 2025 - 11:05 WIB